Wabup Jember Lantik Pengawas BUMD

Advertisement

Wabup Jember Lantik Pengawas BUMD

18 Juli 2020

Kabarejember.com
 -- Bertempat   di pendopo Wahyawibawagraha Jumat 17/07/2020.Wakil Bupati Jember, Drs.KH.A Muqit Arief melantik enam orang yang dinyatakan lolos seleksi untuk menduduki jabatan Dewan Pengawas PDAM Jember dan PDP Kahyangan.


Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Jember diketuai oleh Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si. Sedang Ketua Dewas Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan dijabat oleh Ir. Arif Wicaksono, MM.

Pentingnya dibentuk dewan pengawas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD ) tujuan yang diharapkan keberadaan Badan Usaha Milik Daerah dapat tercapai.

BUMD didirikan dengan tujuan untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian Daerah pada umumnya, menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat sesuai kondisi, karakteristik, dan potensi Daerah yang bersangkutan berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.

Wabup mengatakan, Dewas baru di dua perusahaan daerah itu diharapkan dapat menambah energi dan membawa sesuatu yang produktif apabila pengawasan betul-betul dilaksanakan. “Sehingga, dari hal-hal yang kurang baik menjadi lebih baik,” tutur wabup.

Tugas Dewan Pengawas antara lain;
Melaksanakan pengawasan terhadap pengurusan Perusahaan yang dilakukan oleh Direksi, yaitu pengawasan terhadap Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan, serta pengawasan Kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri.

Wabup berpesan, pelantikan ini supaya tidak hanya formalitas belaka, melainkan momen untuk bekerja keras. Mengabdi bagi Jember dan masyarakat Jember.

Pengawasan, menurut wabup, merupakan sebuah kewajiban agar dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama.

Keberadaan pengawas bukan dalam pengertian pasif. Pengawas harus bergerak aktif, memonitor dari jajaran direksi hingga staf.

Apabila ditemukan sesuatu yang tidak produktif, lanjut wabup, hendaknya diberikan saran dan dilaporkan kepada bupati untuk menentukan kebijakan selanjutnya.


Kedua perusahaan daerah ini sangat diinginkan menjadi perusahaan yang sehat dan mendatangkan profit.

Ketua Dewas PDP Kahyangan, Ir. Arif Wicaksono, MM, menyatakan, dalam kinerjanya akan melakukan pengawasan perusahaan, pengawasan kerja direksi, dan mengevaluasi.

“Saya optimis PDP menjadi lebih baik lagi. Segala prioritas kami akan membuat suatu peningkatan kompetensinya pada level struktur organisasi di PDP,” ujarnya.

Bekerjasama dengan direksi atas petunjuk pemegang saham akan jadi skala prioritas. “Bila SDM tidak kita bangun dengan baik, tentunya   perusahaan di dalam tuntutan dinamika bisnis banyak kendala,” kata Muqit Arief. (SGM)