Selamatkan Warga Dari Covid-19, Klinik Pratama PMI Jember Siapkan Program Promkes

Advertisement

Selamatkan Warga Dari Covid-19, Klinik Pratama PMI Jember Siapkan Program Promkes

10 Juli 2020



JEMBER, kabarejember.com
-- Setiap hari pasien positif covid-19 di Indonesia terus bertambah meski sebagian diantaranya telah dianyatakan sembuh oleh tim medis. Begitu pula di beberapa daerah, ada yang masih naik dan ada pula yang mengalami penurunan pasien positif covid-19 bahkan telah siap menghadapi new normal. Data terbaru Di Kabupaten Jember Rabu (8/9/2020) terdapat tambahan 4 kasus baru sehingga total menjadi 150 kasus terkonfirmasi Covid-19.

Meski demikian, tetap dibutuhkan adanya perhatian agar masyarakat bisa mengerti dan sadar bagaimana melakukan pencegahan terhadap covid-19. Seperti yang dilakukan oleh petugas dari Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember yang melaksanakan program promosi kesehatan pola hidup bersih dan sehat.

Lewat program Promkes PHBS Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember tersebut diharapkan kesadaran masyarakat bisa meningkat, sehingga mempersempit penyebaran virus covid-19 bisa dicegah dan masyarakat bisa hidup aman dan nyaman dilingkungannya masing masing.

“Kita turun ke lapangan untuk mendatangi masyarakat guna menyampaikan langsung bagaimana pola hidup sehat dan bersih, bahkan jika ada keluhan bisa ditanyakan langsung,” ujar drg. Ayu Dwi Anggraheni, Kepala Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember, Kamis (09/07/20).

Program dari Klinik Pratama PMI Jember tersebut dilakukan terus menerus selama diperlukan oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Jember. Pada hari pertama pelaksanaan Promkes PHBS dilaksanakan di kecamatan Jombang dan Sumberbaru, Rabu (8/7/2020) dan hari ini kita sosialisasi mendatangi kecamatan Tanggul dan Gumukmas, Kamis (9/7/2020).

Didua kecamatan tersebut, petugas mendatangi warga untuk menjelaskan serta meminta masyarakat terus menggunakan masker dan mencucinya dengan air yang mengalir serta cuci tangan setiap akan masuk rumah.

“ada empat tim yang di bentuk, tim ini nantinya akan mendatangi warga dikecamatan-kecamatanuntuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat seperti menjaga pola makan, selain juga menjaga kebersihan lingkungan,” tambahnya.

Selain program Promkes PHBS, PMI Jember masih terus melakukan pencegahan penyebaran covid-19 seperti penyemprotan disinfektan bahkan membagi sprayer untuk melakukan penyemprotan secara mandiri. (heri/hms)