Mobil Ambulance Desa Angkut Kambing

Advertisement

Mobil Ambulance Desa Angkut Kambing

27 Juni 2020



LUMAJANG, Kabarejember.com
--Ambulance adalah sarana kendaraan yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit atau korban kecelakaan. Istilah “Ambulance” digunakan untuk menerangkan kendaraan yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit lain untuk perawatan lebih lanjut.

Demikian juga, Ambulance desa sebagaimana di Kabupaten Lumajang hampir semua desa sudah memiliki Ambulance sendiri dengan maksud dan tujuan untuk mempermudah transportasi orang sakit yang hendak menuju rumah sakit ataupun sebaliknya.

Dinkes Kabupaten Lumajang sudah membuat junis penggunaan ambulance desa sesuai juknis ambulance desa hanya bisa digunakan untuk lima hal yakni 1. Pelayanan rujukan yang meliputi persalinan,kehamilan,kesakitan dan kegawatdaruatan kesehatan.2 pelayanan kejadian luar biasa (KLB) 3.pelayanan promosi kesehatan. 4 pelayanan surveilence penyakit 5 pelayanan kesehatan yang bersifat khusus. “Apalagi sampai digunakan kepentingan pribadi itu tidak boleh,”jelasnya.
Namun tidak demikian dengan mobil Ambulance Desa Sukorejo Kecamatan Kunir – Lumajang malah kedapatan mengangkut kambing dari Pasar hewan.
Informasi dari masyarakat sekitar Pasar Lumajang (patok) siang tadi sekira pukul 11.30 wib (jum’at 26/06/2020) mengetahui ada mobil ambulans parkir cukup lama di dekat pasar hewan, merasa ada yang janggal media ini mencari tau apa yang terjadi dengan mobil Ambulans tersebut, dan ajaibnya saat dilihat dalam mobil yang ada bukannya orang sakit tapi malah dua ekor kambing.
Saat ditanya sopir Ambulans yang berinisial AF dan orang tuanya berinisial Kd usai membeli kambing di Pasar Lumajang untuk disembelih esok hari dan mengaku sudah minta izin kepada Kepala Desanya untuk membawa kambing dengan mobil Ambulans.
“iki rencana tak belleh kesok pak, tole wes ijin jare nang bu inggi (rencana saya sembelih besok pak, anak saya sudah ijin ke bu Kades,” Ujar Kd
“Bu inggi itu adik sepupu saya pak,” imbuh Kd
saat ditanya sudah ijin ke bu Kades ? AF dan Kd kompak menjawab sudah
“Sudah pak saya sudah ijin dan sudah di ijini sama bu inggi, tapi kalau selesai disuruh cuci bersih karena kemarin dibuat untuk orang sakit, ini saya telpokan bu inggi ya,” ucap AF sambil berusaha menelepon Kades yang dimaksud, namun tidak tersambung.
Terpisah Kepala Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Sismi Wahidah saat dikonfirmasi via selularnya membenarkan bahwa supir Ambulans nya sudah minta ijin kepada dirinya.
Tadi sopir ambulan nya telpon saya pak ,sudah ijin lewat telpon… Mendadak ambil kambing karena ada acara pak,” tulis Kades Sukorejo via WhatsApp
“Pesannya pokok nyampek rumah minta dibersihkan lagi.
Dan tadi juga tak ingatkan untuk kedepan nya tidak lagi mempergunakan sesuai fungsinya,” imbuhnya.

Lebih jauh Kades Sukorejo yang memberi ijin akan memberikan surat teguran kepada sopir ambulans
“Menindak lanjuti ini pak…
Saya juga akan memberikan surat teguran kepada yang bersangkutan,” tulisnya lagi via WhatsApp nya.
Reporter : Atman