Pemkab Jember Salurkan Bantuan Sosial Tunai

  • Whatsapp

Jember, bedadung.com — Pemerintah Kabupaten Jember melalui tim membagikan sejumlah bantuan kepada masyarakat di tiga kecamatan perkotaan, Minggu, 10 Mei 2020.

Bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sebesar Rp. 600 ribu dalam program Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bacaan Lainnya

Bantuan yang juga disalurkan dalam kesempatan itu yakni Kartu Keluarga Sejahteran (KKS), yang bisa dipakai untuk membeli sembako di agen yang telah ditunjuk.

Tiga kecamatan itu yakni Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates.

Data di Dinas Sosial Kabupaten Jember menyebutkan, di Kecamatan Sumbersari terdapat 314 KKS dan 455 warga penerima BST.

Sementara di Kecamatan Patrang terdapat 563 penerima KKS dan 843 BST. Di Kecamatan Kaliwates ada 409 KKS dan 1.237 BST.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Gatot Triyono, menjelaskan, selain dengan cara datang langsung ke rumah penerima manfaat, penyaluran bantuan juga melalui rekening bank.

“Bagi penerima bantuan yang sudah memiliki rekening bank, maka bantuan akan ditranfer langsung ke rekening penerima,” terangnya.

Penyaluran dari rumah ke rumah tersebut, masih terang Gatot, bagi yang belum memiliki rekening bank. Penyaluran ini oleh petugas Kantor Pos bersama muspika, lurah, dan Dinas Sosial.

Penyaluran KKS akan ditunda atau tidak diberikan apabila saat proses penyaluran ditemui dobel penerima, meninggal, merantau, masuk wilayah lain, telah menerima bantuan lain, serta tidak cocok dengan adminduk, dan lain-lain.

“Selanjutnya KKS disimpan pihak bank sebagai bahan laporan kepada Kementerian Sosial,” jelasnya.

Pos terkait