Satgas Covid 19 Kec. Jombang Periksa Pengendara Yang Melintas

Advertisement

Satgas Covid 19 Kec. Jombang Periksa Pengendara Yang Melintas

03 April 2020



Jember, Kabarejember.com --- Satgas pencegahan penyebaran Covid 19 kecamatan Jombang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap setiap pengendara   roda dua maupun roda empat yang melintas depan posko pemeriksaan kesehatan Covid 19 yang lokasinya di depan Mapolsek Jombang pada Jumat (03/04/2020).

Para pengendara diperiksa satu persatu suhu badannya oleh tim medis Puskesmas Cakru. Apabila suhu badannya kurang dari 38°C maka akan dipasang gelang berwarna kuning untuk mengetahui bahwa  orang  tersebut dalam pemantauan (ODP). Namun apabila ternyata suhunya melebihi 38°C  dan mempunyai keluhan gejala batuk, pilek maupun gangguan pernafasan, maka akan ditandai dengan gelang merah yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP). 

Dalam kegiatan tersebut  tim medis dibantu oleh petugas  dari Polsek Jombang, Polsek Gumukmas, Polsek Kencong, koramil Jombang, satpol PP dan dinas perhubungan. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, satgas covid 19 juga melakukan sosialisasi tentang virus corona, cara penularannya, gejalanya dan bagaimana cara pencegahan penyebaran covid 19.

Tenaga medis dari puskesmas Cakru, Vera menerangkan bahwa masyarakat harus selalu menjaga kebersihan, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun , menghindari kerumunan, melakukan social distancing dengan jarak minimum 1 m, dan membatasi aktifitas di luar rumah. "Apabila ada masyarakat yang merasakan kondisi badannya kurang sehat ataupun mempunyai gejala-gejala yang diduga terpapar maka kami himbau secepatnya mendatangi puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan. Pencegahan penyebaran corona (covid 19) akan berhasil apabila masyarakat secara sadar mematuhi himbauan pemerintah." ujar Vera. (her)