PMI Jember Luncurkan Mobil Jenazah Covid-19

Advertisement

PMI Jember Luncurkan Mobil Jenazah Covid-19

24 April 2020

Jember, kabarejember.com 
 – PMI Kabupaten Jember bergerak cepat untuk aktif terlibat dalam penanganan korban Covid-19. PMI Kabupaten Jember meluncurkan dua mobil jenazah untuk angkut korban covid-19 di markas PMI Jl Jawa Jember, kemarin (13/4).  Peluncuran disaksikan pengurus, karyawan dan awak media massa di Jember. 

Dua mobil jenazah Covid-19, diluncurkan oleh ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.  Satu mobil jenazah bantuan dari PMI Provinsi Jawa Timur dan satu lagi hasil modifikasi secara mandiri oleh PMI Kabupaten Jember. Kini, kedua mobil jenazah Covid-19 sudah bisa digunakan untuk jejaring PMI Jember seperti Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang  dan Probolinggo. 

Mobil jenazah Covid-19 PMI digunakan kuntuk mengangkut jenazah yang positif Covid-19, atau masih suspek seperti yang masih berstatus Orang Dalam Pentauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. "Dalam pengangkutan jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19, PMI Kabupaten Jember diberi mandat khusus oleh Gubernur Jatim untuk melayani ambulans Jenazah yang terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Tapal Kuda,” tutur Zaenal Marzuki, ketua PMI Jember.

Semua personel dan dua ambulans jenazah Covid-19 disiagakan di markas PMI Jember selama 24 Jam. “Tentu siap dipanggil untuk melakukan penjemputan di wilayah penugasan tersebut,” ujarnya. Dalam pengangkutan jenazah baik berstatus ODP, PDP tentunya kami mengacu dan  menggunakan protokol Covid-19. 

Dalam peluncuran itu, Zaenal Marzuki memamerkan dua mobil beserta peralatan pengangkutan jenazah Covid-19. Termasuk alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang mengangkut jenazah maupun driver ambulans. Peluncuran dua mobil jenazah Covid-19 PMI dilaksanakan bersamaan hari pertama puasa Ramadan 1441 H. 

“PMI sebagai institusi kemanusiaan proaktif dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jember. Mobil jenazah Covid-19 PMI Jember sudah siap untuk angkutan jenazah yang bersatus ODP, PDP atau positif Covid-19,” imbuhnya. Bahkan, petugas pengangkut jenazah dan drivernya sudah dilatih secara khusus di RSUD dr Soetomo Surabaya. 

Zaenal Marzuki menjelaskan, hal itu sebagai salah satu langkah proaktif PMI untuk ikut dalam penanganan wabah virus korona. “Kami terus aktif untuk ikut membantu penanganan wabah korona. Agar bencana non alam yang melanda di seluruh dunia ini segera berakhir,’ ujarnya. 
Sebelumnya PMI Jember melakukan penyemprotan desinfektan hingga memasuki bulan Ramadhan tetap melayani permintaan masyarakat, pembagian masker dan hand sanitazer di tempat layanan publik. “PMI sangat aktif untuk menanggulangi bencana non alam wabah Covid-19 sejak muncul di Indonesia, mulai dari penyemprotan disinfektan, pembagian masker, pemberian tempat cuci tangan, pemberian antispetik di fesilitas-fasilitas umum seperti masjid, pasar, terminal,’ kata Gufron Evian Efendi, Koordinator Humas PMI Kabupaten Jember. (her/gee)