Lolos SNMPTN di Universitas Jember? Daftar Ulang Dari Rumah Aja

  • Whatsapp

Jember, bedadung.com | Demi tetap komitmen untuk memberikan kelancaran proses daftar ulang Calon mahasiswa baru yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ditegah wabah Covid-19, Universitas Jember mewajibkan peserta yang lolos seleksi untuk segera melakukan daftar ulang secara online.

Pengumuman hasil Seleksi SNMPTN telah diumumkan tanggal 8 April lalu. Dan sebanyak 2.362 calon mahasiswa diterima di Universitas Jember. Tahapan yang harus dijalani adalah verifikasi data dan registrasi ulang.

Muat Lebih

Hal ini disampaikan oleh Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember di Kampus Tegalboto (9/4).

Menurut Iwan Taruna, jika siswa sudah dinyatakan lolos oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) maka bukan berarti sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih, sebab siswa masih harus mengikuti kegiatan daftar ulang di masing-masing PTN, yang jadwal dan detil persyaratannya bisa berbeda dari satu PTN dengan PTN yang lainnya.

“Kegiatan daftar ulang di Universitas Jember terdiri dari tahapan verifikasi data yang meliputi data Camaba dan data orang tua yang prosesnya dilakukan secara daring. Tahapan verifikasi ini dilakukan dari tanggal 9 April hingga 21 April 2020 nanti.

Camaba diminta mengisikan datanya dan data orang tua melalui laman sister.unej.ac.id/calonmahasiswa,” jelas Iwan Taruna.

Jika tahap verifikasi data telah dilakukan, maka akan muncul penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi Camaba dan masa pembayarannya, yang dilaksanakan pada 24 April hingga 5 Mei 2020.

Terkait dengan pembayaran UKT, Rektor Universitas Jember menegaskan mengikuti kebijakan dan aturan yang ditetapkan oleh Kemendikbud RI. “Tahapan pembayaran UKT akan diteruskan dengan tahapan registrasi ulang yang sedianya mewajibkan mahasiswa datang ke Kampus Tegalboto, namun melihat kondisi saat ini, maka proses registrasi ulang juga dilakukan secara daring.

Untuk detil teknis registrasi ulang akan kita umumkan pada tanggal 27 April 2020 nanti,” jelas Iwan Taruna.

Sementara itu menurut Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, ada 14.605 siswa dari seluruh Indonesia yang memilih Universitas Jember di jalur SNMPTN, sementara hanya 2.362 yang diterima.

Camaba sejumlah 2.362 yang diterima oleh Kampus Tegalboto menjadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor lima di Indonesia yang paling banyak menerima Camaba dari jalur SNMPTN.

“Sebanyak 10.418 siswa memilih Universitas Jember sebagai pilihan pertama, sementara sisanya sebanyak 4.187 siswa menjadikan Universitas Jember sebagai pilihan kedua.

Data ini menunjukkan bahwa Universitas Jember telah menjadi pilihan utama bagi siswa,” ungkap Zulfikar.

Program studi yang diminati masih belum banyak berubah dari tahun ke tahun. “Untuk program studi Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran masih menjadi yang paling diminati dengan jumlah peminat 1.173 orang, sementara daya tampungnya hanya 48 kursi saja.

Sedangkan untuk program studi Sosial Humaniora Program Studi Manajemen menjadi yang pertama, diminati 1.124 orang sementara kursi yang tersedia hanya 72,” kata Zulfikar. (*)

  • Whatsapp

Pos terkait