Antisipasi Krisis Stok Darah, Kodim 0824 Jember Gelar Donor Darah

Advertisement

Antisipasi Krisis Stok Darah, Kodim 0824 Jember Gelar Donor Darah

09 April 2020



Jember, kabarejember.com 
-- Turut berpartisipasi aktif dalam upaya menghindari krisis ketersediaan darah di kabupaten Jember,  Kodim 0824 Jember  selama empat hari berturut-turut mengadakan kegiatan donor darah sukarela dipusatkan di Makodim 0824 Jember Jl PB Sudirman sejak tanggal 6 - 9 April 2020.

Kegiatan donor ini menarik minat banyak anggota TNI, Polri dan masyarakat umum untuk ikut mendonorkan darahnya membantu PMI dalam memenuhi stok sekaligus kebutuhan darah di Jember. 

Antrian, tempat duduk, dan tempat tidur pendonor diatur sesuai aturan, dengan jarak sekitar 1 m lebih, untuk mencegah penyebaran covid 19. Demikian juga para petugas medis juga menjaga jarak antar mereka, serta mengenakan masker dan sarung tangan.

Pada waktu yang bersamaan, Batalyon Armed 8 juga menggelar donor darah dengan tetap menjalankan aturan menjaga jarak antar anggota yang akan mendonorkan darahnya, Rabu (8/4). Banyak anggota  Armed 8 ikut  mendonorkan darahnya untuk menghindari menurunnya stok darah di PMI, meskipun kebutuhan darah di Jember tidak menurun selama wabah Convid-19.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol. Inf. La Ode M. Nurdin menyatakan memberi dukungan kepada PMI Kabupaten Jember dengan menggelar donor darah. 

"Memang dalam wabah ini, Pemerintah melarang dan menghimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak keluar rumah, guna memutus mata rantai penyebaran covid-19. Masyarakat tidak berani keluar rumah bahkan terkadang juga enggan melaksanakan donor darah, maka dari itu kita bantu PMI Jember untuk memenuhi stok darah." katanya.

Ketua PMI Kabupaten Jember, H.E.A  Zaenal Marzuki, SH, MH menyampaikan terimakasih atas dukungan TNI, Polri dan masyarakat."Kami ucapkan banyak terima kasih kepada TNI dan Polri serta masyarakat yang telah mendonorkan darahnya ditengah wabah covid-19,"  tuturnya. (her/gee)