• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Normalisasi Sungai di Sumberbaru untuk Kurangi Banjir

    , Maret 05, 2020 WIB

    Bedadung.com | Jember, Pemerintah Kabupaten Jember melakukan normalisasi sungai di Kecamatan Sumberbaru untuk mengurangi banjir yang terjadi setiap hujan turun.


    “Normalisasi ini diharapkan dapat mengurangi banjir yang berdampak pada lahan 50 hektar dan beberapa SD,” kata Bupati Jember, dr. Faida, MMR.


    Langkah itu disampaikan bupati ketika meninjau warga banjir yang terjadi di Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru, pada Selasa 03 Maret 2020.



    Selain itu, sekolah yang terdampak banjir juga akan direnovasi agar tidak menjadi muara banjir.


    Bupati bersama Dandim 0824 Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin, mengelilingi empat dusun untuk melihat kondisi warga.


    Selain menyapa dan menghibur warga, bupati dan dandim memberikan bantuan kepada warga.


    Bupati menilai, banjir yang terjadi di empat dusun tersebut akibat kurangnya irigasi. Sementara sungai yang ada perlu normalisasi.


    Selain itu, bupati menegaskan kelompok tani setempat termasuk prioritas untuk mendapatkan subsidi asuransi petani.


    “Supaya risiko alam seperti ini, petani bisa terkaver,” jelasnya. Program tersebut, masih terang bupati, telah dianggarkan pada tahun ini.


    Untuk daerah korban banjir, bupati mendorong agar mendapatkan prioritas bantuan bibit sesuai dengan komoditas tanaman.


    Bagi bupati, kunjungannya ke rumah-rumah warga menjadi bagian dari upaya meringankan beban mereka dan menghibur warga. “Sehingga mereka tidak merasa sendiri melalui masa-masa banjir ini,” ungkapnya.


    Merespon banjir yang terjadi di desa tersebut, bupati menegaskan telah mendirikan dapur umum sejak Senin, 02 Maret 2020. Bantuan lainnya berupa alat masak, sandang, sembako juga tikar dan bantuan dari Provinsi Jatim.


    “Masih kita lengkapi untuk kebutuhan ibu hamil, lansia dan balita, termasuk yang sakit,” ungkap perempuan berlatar belakang dokter ini.


    Data warga yang terdampak sebanyak 1.178 kepala keluarga atau kurang lebih 3.500 jiwa.


    Sebelum berkunjung ke rumah warga dan membagikan bantuan, bupati terlebih dulu melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak maupun pejabat setempat.


    Bersama Dandim 0824, Letkol Inf. La Ode M Nurdin, rapat koordinasi dengan tim BPBD Kabupaten Jember bertempat di balai Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru. (Ton/hms)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +