• Jelajahi

    Copyright © Bedadung
    media news network

    Iklan

    Iklan Beranda

    Efek Lockdown, Ribuan TKI Pulang

    , Maret 30, 2020 WIB
    Batam, bedadung.com | Ribuan pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia pulang ke Tanah Air melalui Kota Batam, Kepulauan Riau. Kepulangan mereka terkait kebijakan lockdown yang diberlakukan Malaysia untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

    "Mulai hari Sabtu (28/3) kedatangan dari Singapura dan Malaysia, khususnya tenaga kerja Indonesia," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Azril, seperti dilansir dari Antara, Minggu (29/3/2020).

    Ia mengatakan setiap PMI yang tiba langsung didata dan dicek kesehatannya di pelabuhan. Berbeda dengan kedatangan PMI sebelumnya, yang langsung dibawa ke Asrama Haji Batam untuk didata dan dicek kesehatan.

    Tercatat, sebanyak 1.322 PMI tiba di Batam pada Sabtu (28/3) kemarin. Mereka yang masuk ke Batam melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre sebanyak 1.103 orang dan Pelabuhan Harbour Bay 219 orang.

    Sebanyak 16 orang di antaranya menginap di Asrama Haji. Semua PMI yang pulang dari Malaysia dilaporkan tidak memiliki gejala sakit.

    Sementara itu, pekerja migran yang merupakan warga Batam diizinkan pulang ke rumah dan melakukan isolasi mandiri.

    "Yang transit dan hari itu juga melakukan perjalanan ke tempat asal akan dihubungi daerah asalnya untuk dikoordinasikan pemantauannya," kata Azril, yang juga Kepala Dinas Kominfo Kota Batam.

    Sedangkan PMI yang transit tapi masih menunggu jadwal keberangkatan ditampung di Asrama Haji Batam. Kesehatan seluruh PMI tersebut, kata dia, akan dipantau di daerah asalnya. (berbagai sumber)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +