Kampung KB Kota Probolinggo Masuk Nominasi Lomba Tingkat Provinsi

Advertisement

Ready Ads for 970x90px

Kampung KB Kota Probolinggo Masuk Nominasi Lomba Tingkat Provinsi

07 Januari 2020


Probolinggo, Kabarejember.com
(06 Januari 2020) – Tim penilai lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi lapangan ke Kampung KB di RW 04 Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Senin (6/1).

Verifikasi lapangan ini dilakukan guna memastikan profil dan laporan yang ditelah diberikan kepada tim penilai. Kedatangan tim yang dipimpin Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Suhartuti disambut hangat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin.

Seperti diketahui, Kampung KB Bangkit Kelurahan Kademangan berhasil masuk nominasi setelah bersaing dengan 17 Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Dan di kategori Lomba PKK KKBPK-KES, Kota Seribu Taman ini masuk nominasi bersama Kota Kediri.

Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan, Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) diarahkan untuk mewujudkan Nawacita. Diantaranya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia serta melakukan revolusi karakter bangsa.

Menurutnya, dengan masuk nominasi, Aminah berharap Kelurahan Kademangan dapat mengharumkan nama PKK Kota Probolinggo di tingkat Provinsi. "Syukur alhamdulillah, saat ini Kampung KB Bangkit Kelurahan Kademangan terpilih menjadi salah satu nominasi penilaian lomba PKK-KKBPK-KES tingkat Provinsi Jatim. Saya mengapresiasi kinerja seluruh tim yang terlibat, yang telah memberikan hasil terbaiknya sehingga masuk nominasi,” katanya.

Aminah menambahkan, keberhasilan  Kampung KB itu sendiri dipengaruhi oleh lima faktor. Yaitu komitmen yang kuat dari pemangku kebijakan di semua tingkatan baik kota, kelurahan dan kecamatan. Lalu intensitas opini publik tentang program KKBK dan integrasinya dengan lintas sektor. Kemudian optimalisasi fasilitasi dan dukungan mitra kerja, juga semangat dan dedikasi pengelola program di seluruh tingkatan wilayah serta petugas lini lapangan KB. ”Dan, tentu saja partisipasi aktif masyarakatnya,” terangnya.

Sementara itu Camat Kademangan Pujo Agung Satrio yang juga hadir bersama kepala OPD terkait menyampaikan, dengan kunjungan tim verifikasi lapangan ini, ia mengajak tim PKK, KB dan Kesehatan serta OPD terkait untuk lebih meningkatkan motivasi dalam berbagai kegiatan PKK.

“Artinya, ada tidaknya penilaian kita harus tetap semangat bekerja. Selain itu diharapkan tiap-tiap keluarga harus mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal dan ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” tandasnya.
Reporter : Suatman