Soal Sampah Plastik Di Pesisir Pantai, Ini Gebrakan Kapolres Jember

Advertisement

Soal Sampah Plastik Di Pesisir Pantai, Ini Gebrakan Kapolres Jember

23 Desember 2019


Jember, Kabarejember.com
--- Apel kegiatan bersih-bersih sampah plastik oleh Polres Jember, di pantai Pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Jember yang di pimpin langsung oleh Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal turut melibatkan berbagai elemen Masyarakat setempat.(21/12/2019)

Sejak awal pagi seluruh jajaran Polres Jember sudah siap siaga untuk melakukan kegiatan bersih-bersih,bahkan Masyarakat Nelayan,Pelajar SMK Kelautan Puger dan Pokdarwis beserta  masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan tersebut telah siap untuk melakukan kegiatan bersih-bersih yang dipimpin oleh Kapolres ini.

Selain kegiatan bersih-bersih sampah plastik yang menjadi kegiatan utama, penyerahan masin daur ulang sampah plastik yang akan di serahkan oleh Kapolres Jember kepada Masyarakat setempat telah pun di siapkan.

Tepat jam 8:00 pagi acara inti di mulai, dimana Kapolres memberikan sambutan singkatnya, dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja bersih-bersih sampah sekaligus menyerahkan 2 unit alat daur ulang sampah plastik (Pirolisis) kepada perwakilan Pokdarwis masyarakat Puger.

Tampa menunggu lama,Alfian langsung mengambil karung plastik dan mulai mengambil sampah plastik yang berserakan di pesisir pantai,dan seluruh pihak yang hadir langsung mengikuti langkah Kapolres.

Seperti di ketahui bersama, pantai Pancer Puger salah satu pantai yang menjadi hilir atau pembuangan akhir sampah yang jumlahnya mencapai ribuan kubik saat datang musim hujan.

Hal ini menjadi keprihatinan Alfian, dan mendorong Kapolres yang selalu menggaungkan slogan atau yel-yel " Jegeh Apike Jember" ini turun langsung ke lokasi.

Saat ditemui diselah selah kegiatanya, dihadapan awak media Alfian menyampaikan " ya baru baru ini kita dikejutkan adanya pabrik tahu yang menggunakan bahan bakar sampah impor serta ditemukan juga telur yang me bandung zat beracut dioxin," tuturnya.

Oleh karnanya kami berinisiatif, di wilayah hukum Polres Jember melakukan kegiatan yaitu "bersama Kapolres Sampah Beres".  Kita lakukan kegiatan berupa bersih-bersih sampah plastik yang berada di beberapa bibir pantai yang dilakukan bersama relawan, nelayan dan teman-teman taruna SMK Kelautan.

"Dari sampah-sampah yang dikumpulkan ini kita akan lakukan daur ulang dengan menggunakkan mesin Pirolisis yang akan menghasilkan bensin dan solar, yang akan kita berikan kepada masyarakat," jlentrehnya.

Adapun target dari kegiatan ini, bagaimana kita betul betul terhindar dari persoalan kesehatan akibat sampah plastik yang ada,kita tahu mikro plastik ini sangat berbahaya apabila dimakan ikat ataupun kambing yang akhirnya kita konsumsi, dimana salah satunya bisa menyebabkan stanting terhadap anak-anak.

"Ini yang kita hindari, sehingga kita betul-betul peduli,agar kesehatan terjaga dan  polusi sampah plastik tidak terjadi di wilayah hukum Polres Jember," pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, R. Masbut penggiat dan pemerhati lingkungan sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kapolres Jember mengelola sampah plastik menjadi BBM dan kemudian diberikan secara gratis kepada masyarakat Puger.

"Ini langkah visioner Kapolres yang sangat peduli dengan lingkungan,dan merupakan senjata ampuh dalam mengurangi sampah plastik di laut," Pungkasnya. (Lilik)