Pemkab. Lumajang Kolaborasi dengan UNEJ Bangun Kampus di Lumajang

Advertisement

Pemkab. Lumajang Kolaborasi dengan UNEJ Bangun Kampus di Lumajang

17 Desember 2019


Lumajang, Kabarejember,com
(16 Desember 2019) -- Kerjasama antara Pemerintah Daerah Kab. Lumajang dengan stakeholder, salah satunya perguruan tinggi, merupakan upaya pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan dasar dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., saat beraudensi dengan Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember beserta jajaran, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (16/12/2019).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang sebelumnya telah dilakukan oleh Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si bersama Rektor Universitas Jember di gedung rektorat dr. R. Achmad Universitas Jember, perihal pembentukan program studi baru di Lumajang.

Bupati mengungkapkan, hadirnya perguruan tinggi di Kab. Lumajang diharapkan sebagai solusi untuk  menyelesaikan permasalahan yang ada di Kab. Lumajang, salah satunya adalah IPM yang tergolong rendah. Menurutnya, berbagai persoalan dasar yang ada di masyarakat bersumber dari rendahnya IPM di sektor pendidikan. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat serta meningkatnya potensi pertanian, perkebunan, dan pariwisata yang dimiliki Kab. Lumajang.

"Kami butuh peningkatan SDM, kami perlu menyiapkan skill. Bagi kami tidak bisa sendiri, harus ada perguruan tinggi yang menyambungkan keinginan banyak pihak dengan apa yang ada di Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Menyambung ungkapan Bupati, Bunda Indah juga menerangkan, selain di sektor pertanian, perkebunan, dan pariwisata, Kab. Lumajang juga mempunyai sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan, yakni peternakan.

"Kita tentu ingin begitu ada perguruan tinggi di Lumajang, kita ingin potensi lokal yang besar tersebut dapat terangkat," terangnya.

Wabup juga menerangkan, guna pembangunan kampus baru, Pemkab. Lumajang telah menyiapkan lahan di Kec. Klakah, mengingat daerah tersebut cukup strategis karena dilalui transportasi kereta api. Selain itu, sebagai salah satu strategi Pemkab. Lumajang untuk melakukan pemerataan ekonomi di seluruh wilayah.

Sementara, Moh. Hasan menjelaskan, pengembangan kampus UNEJ di Lumajang merupakan wujud pertanggungjawaban UNEJ terhadap pemerintah, untuk menyediakan SDM yang unggul serta memberdayakan masyarakat. Dalam pengembangan kampus tersebut, ia berharap tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, agar mahasiswa selain berkembang di bidang akademik, juga bisa mengembangkan potensi lainnya.

"Ini adalah momentum untuk mengembangkan diri di Lumajang. Kami ingin memadukan pemikiran dari Pemkab. Lumajang agar bisa elaborasi," jelasnya.

Dijelaskannya pula, program studi UNEJ yang rencananya akan dibentuk di Lumajang antara lain: program studi nutrisi dan teknologi pakan ternak, program studi arsitektur, program studi desain produk, program studi holtikultur, program studi kehutanan, program studi usaha perjalanan wisata, program studi rekam medis, dan program studi data sains.
Reporter : Suatman