Pemkab bersama TNI dan Polri Optimis Penyelenggaraan Pilkades Berjalan Lancar

Advertisement

Ready Ads for 970x90px

Pemkab bersama TNI dan Polri Optimis Penyelenggaraan Pilkades Berjalan Lancar

12 Desember 2019


Lumajang, Kabarejember,com 
(12 Desember 2019) -- Guna menciptakan rasa aman dan kondusif dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 158 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama TNI serta Polri menggelar Rapat koordinasi Peningkatan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Umum di Wilayah Kabupaten Lumajang.

Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., atau Bunda Indah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban umum dalam rangka turut serta mendukung pembangunan kehidupan demokrasi di Lumajang.

"Pelaksanaan demokrasi ini adalah sebuah hajatan yang itu langsung melibatkan peran masyarakat, bahwa sebuah hajatan demokrasi ini baik Pilkada maupun Pilkades adalah sebuah pesta bagi masyarakat, maka tentu dalam melaksanakan pesta ini masyarakat harus senang," kata wabup di gedung Panti PKK, Kamis (12/12/19).

Lebih jauh, Bunda Indah menyampaikan, dalam penyelenggaraan Pilkades serentak kali ini, ada beberapa potensi yang perlu di antisipasi, salah satunya yaitu pergeseran logistik.

Guna mengantisipasi terjadinya hal tersebut, Bunda Indah Masdar mengatakan, pihaknya akan membuat Sandart Operasional terkait pergeseran logistik.

"Karena dibeberapa tempat ada yang sudah menurun kepercayaannya terhadap penyelenggara, saya tidak ingin ada hal - hal yang berpotensi terganggunya kelancaran perjalan Pilkades akibat tidak kepercayaan," tegasnya.

Bunda Indah memberikan penghargaan setinggi - tingginya atas support yang diberikan oleh TNI serta Polri dalam mensukseskan Pilkades serentak.

Dandim 0821 Kabupaten Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E., menyatakan, pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan Pilkades serentak 2019. Selebihnya ia berharap Pemkab, TNI sarta Polri dapat terus bekerjama dalam menciptakan rasa aman dan kondusif  dalam pelaksanaan Pilkades dimasing - masing wilayah di Kabupaten Lumajang

"Saya optimis kegiatan Pilkades ini dapat berjalan dengan aman," katanya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Ade Wira Negara Siregar mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkades kali ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 3.555 Personil pengamanan, terdiri dari Bintara Pengamanan, Kapolsek dan Pasal Pam, Posko Ops dan Satgas Polres, BKO Kodim 082,  BKO Batalyon 527/BY serta BKO Satuan Linmas.

Selain itu, sejumlah 200 BKO Sat Brimob Polda jatim serta BKO pers dan Polres samping dikabarkan akan turut serta dalam melakukan upaya pengamanan pada Pilkades serentak kali ini.

"Jadi untuk 200 personil Brimob, ini akan ditempatkan di on call di lima rayon, yaitu wilayah utara, selatan, barat, timur dan tengah, nanti untuk mengantisipasi apabila ada kejadian kontijensi di wilayah tersebut. Mereka juga akan melakukan patroli pada malam hari H untuk mewujudkan situasi Kamtibmas semakin kondusif," terangnya.
Reporter :Suatman