Kopi Lanang Robusta Terlaris Kualitas Biji Kopi Pilihan

Advertisement

Kopi Lanang Robusta Terlaris Kualitas Biji Kopi Pilihan

21 Desember 2019

Peaberry atau Kopi Lanang itu sangat langka karena kemungkinan panennya sangat jarang. Kelangkaan ini membuat harganya menjadi mahal. Peaberry atau kopi lanang adalah anomali buah ceri kopi karena bijinya tunggal.

Kopi lanang adalah biji ceri yang tidak terbelah atau tunggal. Tingkat produksinya tergolong rendah karena peaberry adalah anomali. Bahkan, statistik panen peaberry kurang lebih 5% dari total produksi suatu perkebunan. Artinya, dalam 1 kg ceri yang dipanen, buah ceri dengan biji tunggal hanya sekitar 50 gram.

Kondisi buah yang tidak normal ini adalah hasil proses yang alami, bukan rekayasa, jenis, atau varietas tanaman tertentu. Alasan mengapa tanaman kopi menghasilkan ceri dengan biji tunggal adalah adanya kelainan genetik, malnutrisi, dan penyerbukan yang tidak sempurna.

Peaberry sebenarnya adalah cacat produksi, namun malah banyak dikonsumsi masyarakat. Masyarakat, terutama Jawa, percaya efek kopi lanang adalah sebagai obat kuat bagi pria. Tapi belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan kebenarannya.

Dari segi rasa, peaberry memiliki favor note yang sama dengan rasa single origin-nya tapi lebih smooth dan body-nya tebal. Banyak cupper yang menilai rasa smooth-nya mirip dengan kopi luwak, namun lebih pahit. Rasa pahit ini disebabkan oleh kafein yang lebih tinggi dari biji hasil pencernaan luwak.

Dari segi harga, minuman langka ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Untuk peaberry biasa, harganya dapat mencapai Rp250.000 per kilogram. Jika cerinya diproses lewat pencernaan luwak, harganya dapat menyentuh Rp1.000.000.

Apakah Anda ingin mencoba kopi lanang? Kami menyediakan dalam kemasan 200 gr, Kopi dalam bentuk biji roasting dan agar anda tahu kalau biji kopi lanang memang biji tunggal.

Phone: 082337887457