BI Jatim Siap Dampingi Pemkab Lumajang Dorong Potensi Wisata

Advertisement

BI Jatim Siap Dampingi Pemkab Lumajang Dorong Potensi Wisata

12 Desember 2019


Lumajang, Kabarejember,com 
(Rabu, 11 Desember 2019 ) -- Pembangunan infrastruktur di area wisata Kabupaten Lumajang menjadi faktor penting dalam upaya mengembangkan potensi pariwisata, serta diharapkan mampu menarik perhatian para investor.

Demikian disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., saat melakukan pertemuan dengan Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur beserta jajarannya, di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (11/12/2019).

Bupati menuturkan, tahun 2020 Pemkab. Lumajang akan mulai melakukan pembangunan dan pembenahan infrastruktur di beberapa tempat wisata di Kab. Lumajang, yang salah satunya adalah objek wisata di persekitaran Semeru, yakni Ranu Pane dan Ranu Regulo. Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang dilakukan tersebut akan berdampak pada peningkatan kepercayaan dari pihak luar, untuk kedepannya mau berinvestasi di Kab. Lumajang.

"Infrastrukur jika selesai semua, bisa memancing orang untuk berinvestasi. Saya akan buktikan agar orang bisa percaya," ujarnya.

Lanjutnya, pembangunan infrastruktur juga dinilai sebagai penguat konektifitas dan penarik wisatawan, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Semoga para jejaring usaha pariwisata bisa melihat kami sebagai potensi unggulan untuk hadir di Lumajang untuk berinvestasi," imbuhnya.

Sementara, Kepala Kepala BI Jatim Difi Ahmad Johansyah mengatakan, pihaknya ditugaskan untuk membantu mengembangkan potensi pariwisata di Jawa Timur, yang mana salah satu targetnya adalah wisata di Kab. Lumajang. Menurutnya, potensi wisata alam di Kab. Lumajang sangat layak untuk dikembangkan, serta dinilai mampu menarik perhatian para investor.

"Kalau ingin investor masuk, kita harus siapkan karpet merah dan karpet hijau. Butuh persiapan agar investor masuk, serta harus ada brand image yang kuat," ucapnya.

Tambahnya, manajemen pengelolaan pariwisata juga sangat penting untuk dilakukan, sebagai langkah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata.

Di sisi lain, Kepala Kantor Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan pengkajian terhadap tempat wisata di Kab. Lumajang, yang mana objek wisata Ranu Pane, B29, dan Gunung wayang sangat potensial untuk dikembangkan.
Reporter : Atman