Awali Prosesi Harjalu, Bupati dan Wabup Ziarah Makam Raja Pertama Lumajang

Advertisement

Awali Prosesi Harjalu, Bupati dan Wabup Ziarah Makam Raja Pertama Lumajang

16 Desember 2019


Lumajang, Kabarejember,com
(15 Desember 2019) -- Mengawali puncak peringatan Hari Jadi Lumajang ( Harjalu ) ke 764, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si bersama Forkopimda Lumajang melakukan Ziarah Makam di Situs Biting, Minggu pagi (15/12/2019).

Kegiatan yang dilakukan rutin setiap puncak Harjalu itu merupakan bentuk penghormatan sekaligus mendoakan Raja pertama Kerajaan Lamajang Tigang Juru, Arya Wiraraja dan para petinggi kerajaan.

"Ini menjadi agenda yang akan dilaksanakan ditahun-tahun mendatang, untuk dimulai dari hari ini kita ziarah ke makam raja pertama, arya wiraraja, untuk mendoakan sekaligus memberi penghormatan," jelas Cak Thoriq.

Cak Thoriq juga mengucakan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah menetapkan situs biting menjadi kawasan cagar budaya sehingga pelestarian situs biting akan semakin terjaga.

Sementara untuk menggali lebih dalam sejarah kerajaan Lamajang Tigang Juru, Cak Thoriq mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada, Jogjakarta dan Universitas Islam Surabaya. Harapanya, hasil penelitian tersebut bisa dijadikan refrensi sejarah Lumajang.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga pengurus makam, Abdillah S, berharap kegiatan ziarah tersebut dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk turut hadir dalam komplek situs biting, "mudah-mudahan dengan kehadiran bapak/ibu sebagai penghormatan kepada arya wiararaja juga menjadikan partisipasi sekaligus untuk masyarakat agar datang kesini,"

Abdillah juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Lumajang terhadap kegiatan perawatan dan pelestarian situs biting.
Reporter : Suatman