Bupati Lumajang Ingin Mengoptimalkan Tari Godril

Advertisement

Bupati Lumajang Ingin Mengoptimalkan Tari Godril

13 Oktober 2019


Lumajang, Kabarejember,com
(12 Oktober 2019) -- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., bersama istri menyaksikan Festival Gandrung Sewu tahun 2019, di Pantai Marina Boom Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (12/10/2019) siang.

Festival Gandrung Sewu digelar rutin setiap tahun sejak delapan tahun terakhir, dan selalu sukses mendatangkan ribuan wisatawan. Tahun ini bertemakan "Panji-Panji Sunangkoro", yang diikuti lebih dari 1.300 pelaku seni tari Gandrung.

Usai menyaksikan festival tersebut, Bupati menyampaikan bahwa Gandrung Sewu tahun 2019 diselenggarakan sebagai agenda Kementrian Pariwisata yang sudah menjadi agenda rutin atas inisiasi Pemkab. Banyuwangi.

Menurutnya, ia juga tertarik untuk memodifikasi event tersebut agar nantinya dapat dilakukan di Lumajang. Tentunya dengan mengangkat dan mengoptimalkan kesenian yang menjadi keunggulan selama ini.

"Sebagai event saya tertarik memodifikasi menjadi event yang juga bisa dilakukan di Lumajang. Soal modifikasi tentunya kami akan mengangkat dengan berbagai keunggulan seni tari yang ada di Lumajang. Saya menginginkan tari godril dapat dioptimalkan sehingga dapat lebih dikenal luas," ungkapnya.

Selain itu, Bupati berharap Pemkab. Lumajang dapat menggelar kegiatan yang sama, namun bisa diinovasi dari segi koreografi dan tata tempatnya, dengan harapan dapat terjadwal dalam kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Lumajang.

"Saya mengajak pegiat seni tari untuk sama-sama membumikan tari godril di seluruh wilayah Lumajang, sehingga dapat dengan cepat Pemkab mengagendakan event tari godril massal yang mungkin nantinya bisa menjadi daya tarik wisata baru di Kabupaten Lumajang," tambahnya.
Reporter : Suatman